HUBUNGAN PENGGUNAAN FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN MINAT BERKARYA FOTOGRAFI PADA KOMUNITAS MALANG RAYA LANDSCAPER

  • Choirun Nisa, Triyono Widodo, dan Swastika Dhesti Anggriani

Abstract

Perkembangan teknologi berkorelasi dengan kemudahan komunikasi kehidupan sehari-hari, terlebih komunikasi jarak jauh. Kini, komunikasi jarak jauh dapat memanfaatkan media sosial, seperti Instagram. Instagram menjadikan aplikasinya unggul dalam menyajikan fitur pengunggah foto dan video. kehadiran Instagram acapkali dikaitkan dengan minat berkarya pada salah satu komunitas fotografi, yaitu Malang Raya Landscaper. Untuk itulah, penelitian ini bertujuan guna mengetahui adanya tingkatan hubungan antara media sosial Instagram dengan minat berkarya fotografi pada komunitas Malang Raya Landscaper. Hubungan tersebut ditinjau dari penggunaan fitur-fitur pada media sosial instagram. Fitur yang digunakan berkaitan langsung dengan minat para responden dalam hal berkarya fotografi landscape. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif yaitu metode yang mendeskripsikan data sesuai dengan yang ada di lapangan kemudian diolah dengan menerapkan rumus Rank Spearman. Nilai koefisien korelasi Rank Spearman menunjukkan tingkatan hubungan antara media sosial Instagram dengan minat berkarya fotografi pada komunitas Malang Raya Landscaper. Hasil akhir dari penelitian ini adalah nilai koefisien korelasi sebesar 0.7437. Sesuai dengan tabel interpretasi, ditunjukkan adanya hubungan yang kuat antara media sosial Instagram dengan minat berkarya pada komunitas Malang Raya Landscaper.

References

Azwar S. (2002). Sikap Manusia Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mahmud. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Siegel, S. (1997). Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.
Published
2021-11-01