Analysis of Community Aesthetic Knowledge Sources through Fruit Organizing Cases
Abstract
Menata buah di toko buah merupakan hal yang lumrah. Praktik pengorganisasian ini merupakan praktik dilakukan oleh para penjual buah agar lebih menarik. Dari kegiatan sehari-hari ini banyak hal menarik yang bisa, salah satunya adalah dari mana pengetahuan estetika penjual buah sehingga memiliki keterampilan untuk mengorganisasikan buah menjadi susunan yang baik dan dapat menarik minat pembeli. Penelitian ini didasarkan pada teori estetika Mandoki (2017) yang membahas tentang estetika sehari-hari. Penelitian ini menggali lebih jauh dari mana asal pengetahuan estetika penjual buah. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei deskriptif, dengan mewawancarai penjual buah di pasar dan di pinggir jalan. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menghubungkan data temuan dengan referensi yang relevan. Diketahui bahwa pengetahuan estetika penjual buah diperoleh dari faktor bio estetik (internal) dan sosio estetik (eksternal), serta untuk pengorganisasian terdapat intervensi citra buah (objek) itu sendiri. Hal ini membuktikan bahwa peristiwa estetika sehari-hari yang terjadi di masyarakat bukan muncul karena spontanitas, melainkan karena kepekaan dan informasi estetika yang diteruskan atau diturunkan kepada individu
References
Darvishi, L., & Abam, Z. (2020). Metadata Standards for Museum Objects: Presenting a Model for Organizing and Documenting Information about Carpets as Museum Objects. Collections: A Journal for Museum and Archives Professionals, 16(3), 298–319. https://doi.org/10.1177/1550190620940971
Dufrenne, Mikel. 1987. In the Presence of the Sensuous. Roberts, Mark. S. Gallagher, Dennis. (eds). New Jersey: Humanities Press International.
Fogassi L, Gallese V (2002) The neural correlates of action understanding in non-human primates. In Mirror Neurons and the Evolution of Brain and Language, Advances in Consciousness Research (pp 13–36) John Benjamins Publishing
Freud, S. (1927) ‘The Future of an Illusion’, in S. Freud (ed.) Freud: Civilization, Society and Religion, Vol. 12, pp. 179–242. Harmondsworth: Penguin.
Frosh, S., & Mandelbaum, B. (2019). Psychosocial Histories of Psychoanalysis. Revista Praxis Y Culturas, 2019, 1–13. https://eprints.bbk.ac.uk/id/eprint/23245/
Gabriel, Y. (2015). Identity, choice and consumer freedom – the new opiates? A psychoanalytic interrogation. Marketing Theory, 15(1), 25–30. https://doi.org/10.1177/1470593114558525
Gabriel, Y. (1983) Discontents and Illusions: The Inevitable Costs of Civilization?’, Group Analysis 16(2): 130–44.
Levinas, E. (1979). Totality and Infinity: an Essay on Exteriority. Vol. 1). Springer Science & Business Media
Levinson, J. (2016). Review Author ( s ): Stephen Davies Review by : Stephen Davies Source: The Journal of Aesthetics and Art Criticism , Vol . 57 , No . 3 ( Summer , 1999 ), pp . Published by : Wiley on behalf of The American Society for Aesthetics Stable URL : http://www.j. The American Society for Aesthetics, 57(3), 371–374. https://doi.org/10.2307/432206
Lewicki, P., Hill, T. & Czyzewska, M. (1992) Nonconscious acquisition of information. American Psychologist 47:796–801.
Mandoki, K. (2007). Everyday Aesthetics - Prosaics, the Play of Culture and Social Identities Proof. Metropolitan Autonomous University.
O’Doherty, D., & Neyland, D. (2019). The developments in ethnographic studies of organising: Towards objects of ignorance and objects of concern. Organization, 26(4), 449–469. https://doi.org/10.1177/1350508419836965
Perruchet, P., & Vinter, A. (2019). The self-organizing consciousness. BEHAVIORAL AND BRAIN SCIENCES, (2002), 297–388.
Shelley, J. (2019). The default theory of aesthetic value. British Journal of Aesthetics, 59(1), 1–12. https://doi.org/10.1093/aesthj/ayy044
Uexküll, Thure von, Geigges, Werner and Herrmann, Jörg M .1993. “Endosemiosisâ€. Semiotica 96–1/2: 5–51
Winnicott, D.W. (1964) The Child, the Family and the Outside World. Harmondsworth: Penguin