TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENELITIAN SENI
Abstract
Transformasi digital saat ini sangat mendesak untuk diterapkan di segala bidang, termasuk penelitian dalam seni pertunjukan. Pandemi covid-19 yang makin mengkhawatirkan dengan adanya varian delta, semakin menunjukkan arti penting dari transformasi digital. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang transformasi digital dalam seni pertunjukan, khususnya pengembangan metode penelitiannya. Sebagai bahan kajian penelitian seni pertunjukan ini mengambil tema sosok maestro biola Indonesia Idris Sardi. Metode kualitatif dengan pendekatan naratif dipilih untuk mengungkap proses awal Idris Sardi dalam belajar biola hingga mencapai tingkat virtuosnya. Teknik pengumpulan data menggunakan transformasi digital yaitu interview secara virtual melalui Google Meet, Whatsapp videocall, telepon, maupun email. Data-data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian dapat diperoleh peneliti dengan cukup lengkap. Data dapat terekam dengan jelas dan dalam kondisi baik, catatan lapangan dapat dibuat sesuai dengan kondisi dalam data rekaman. Hasil penelitian dengan trasformasi digital ini adalah Idris Sardi memiliki tiga hal penting dalam mempelajari musik klasik, dan kiat-kiat dalam mempelajari lagu popular. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan teknologi digital dalam pengembangan metode penelitian saat ini sangat diperlukan di tengah situasi yang tidak menentu.
References
Delgado, C. F. (2014). Good Practice in Violin Pedagogy [Birmingham City University]. http://ethos.bl.uk/OrderDetails.do;jsessionid=26F3F93FB10FEEE7A4427B65468BDE4D?did=2&uin=uk.bl.ethos.680148
Ericsson, K. A., Krampe, R. T., & Tesch-Römer, C. (1993). The Role of Deliberate Practice in the Acquisition of Expert Performance. Psychological Review, 100(3), 363–406. https://doi.org/10.1037/0033-295x.100.3.363
Galamian, I. (1964). Principles of Violin Playing and Teaching. Prentice-hall, Inc.
Kinsey, H. (1954). The foundations of violin playing and musicianship. London: Longmans Green & Co.
Machfauzia, A. N. (2014). Interpretasi Musikal dalam Pembelajaran Praktik Instrumen di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardono. (1983). Perjalanan Musik Di Indonesia. PT. Lithopica.
Sunny, N. and H. S. (1991). Idris Sardi, Antara Biola dan Kehidupan. Vista.
Thesis, L. E., & Ellis, L. (2018). Agents of Change : A Multi-Layered Approach to Violin Learning and Teaching [Technological University Dublin Conservatory of Music and Drama]. https://doi.org/10.21427/vyzv-6h79
Zhukov, K. (2009). Effective Practising: A Research Perspective. Australian Journal of Music Education, 1, 3–12. http://eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ912405