PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
: Alasan untuk penelitian ini adalah untuk memutuskan apakah ada pengaruh atau dampak penguatan(reinforcement) positif terhadap minat belajar dalam mempelajari sekolah pendidikan ips. Konfigurasi ujian menggunakan tes Non Randomized Pretest-Posttest Control Gathering Plan, sehingga komposisi hasil penyusunan diubah mulai dari pretest, treatment, dan posttest. Ujian ini menggunakan strategi semi trial atau semi trial yang memanfaatkan rencana dua kelompok, yaitu kelas tes dan kelas kontrol. Informasi investigasi dalam pemeriksaan ini adalah perolehan skor tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteraturan minat latihan IPS kelas uji coba pada jam pretest adalah 71,69 dan pada jam posttest adalah 98,8 terdapat selisih 27,11, sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 0,48. Peningkatan skor berada pada kelas sedang yaitu lebih besar dari 0,3 ke bawah (0,7 < 0,47 0,3). Sedangkan pada kelas kontrol, nilai normal untuk pretest adalah 76,64 dan nilai normal untuk posttest adalah 80,36. Terdapat selisih nilai sebesar 3,71 dengan tujuan kenaikan skor sebesar 0,07 termasuk dalam klasifikasi rendah yaitu dibawah 0,3. Sehingga cenderung disimpulkan bahwa uplifting feedback mempengaruhi pendapatan dalam pembelajaran investigasi sosial sekolah. Disarankan dalam menyelesaikan realisasi dengan tujuan agar lebih bergeser dalam memberikan umpan balik yang menggembirakan kepada siswa untuk membantu peningkatan yang menarik dalam pembelajaran pelatihan investigasi sosial.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Vs Traditional Methods: A Sixthousand-Student Survey Of Mechanicstest Data For Introductory Physics Course. The American Journal of Physics Research, (66), 2–3.
Hamalik, O. (2008). Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Mandar Maju.
Hamzah B, U. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Sahron, M. G. (2016). Pengaruh Penguatan Positif Terhadap Minat Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Pundungrejo 03. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (20).
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sulaiman. (2014). Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SD Nunggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 85–93.
Sumantri, M., & Permana, J. (1998). Strategi Belajar Mengajar 1998/1999. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Usman, H. (1992). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara