PERAN BAHAN AJAR KARYA SASTRA DALAM PENGAJARAN BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING) DI MOSCOW STATE UNIVERSITY, RUSIA

  • Hilda Septriani
Keywords: bahan ajar, sastra, BIPA, Rusia

Abstract

Perkembangan pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) semakin meroket, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Hal ini tentu menjadi respons positif yang harus difasilitasi dengan baik agar perkembangan bahasa Indonesia dapat berjalan secara progresif. Latar belakang pemelajar BIPA pun kian beragam dan dengan kepentingan yang tidak seragam. Oleh karena itu, kesesuaian pemenuhan bahan ajar dengan kemampuan siswa diperlukan, agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pada umumnya, bahan ajar yang digunakan oleh pengajar BIPA dapat bervariasi, baik itu berupa buku referensi utama tentang tata bahasa penggunaan bahasa Indonesia, berbagai artikel yang termuat dalam koran dan majalah, bahkan karya sastra Indonesia yang menjadi cerminan masyarakat dan budaya Indonesia.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan bahan ajar karya sastra dalam pengajaran BIPA bagi pemelajar di Rusia, lebih tepatnya di Institute of Asian and African Studies, Moscow State University. Peranan bahan ajar teks sastra dapat menjadi media pembelajaran di kelas untuk memfasilitasi keterampilan berbicara dan menulis bahasa Indonesia para pemelajar. Metode penelitian yang akan digunakan penulis yaitu deskriptif analisis dan studi literatur untuk menguraikan manfaat penggunaan teks sastra tersebut dalam pengajaran BIPA.

References

Chudori, L. S. (2017). Laut bercerita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ellis, R. (1986). Understanding second language acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Hoed, B. (1995). Kerjasama antarpemerintah dan antarlembaga untuk pengembangan BIPA. Makalah Kongres BIPA 1995 Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jakarta.
Kusmiatun, A. (2015). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Muliastuti, L. (2016). Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar.
Ratna, N. K. (2013). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyitno, I. (2008). Norma pedagogis dan analisis kebutuhan belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15(1), 111–119.
Teeuw, A. (1984). Sastra dan ilmu sastra. Bandung: Pustaka Jaya.
Wiyatmi. (2012). Kritik sastra feminis: Teori dan aplikasinya dalam sastra Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Published
2021-11-01