ANALISIS POLEMIK COMPREHENSIVE SEXUAL EDUCATION DI LINGKUNGAN ANAK (TARBIYAH JINSIYAH)
Abstract
Memberikan pendidikan seks kepada anak dan remaja bukanlah hal yang mudah. Banyak pendidik (guru dan orang tua) yang bingung memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan seksual, kapan waktu yang tepat dan bagaimana menyampaikannya. Pendidikan seksual komprehensif membahas pendidikan seksual secara komprehensif. Aspek yang diajarkan membawa pro dan kontra bagi beberapa institusi, pendidik, dan masyarakat Indonesia. Perspektif Islam tentang pendidikan seks sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji polemik pendidikan seks secara komprehensif dan mengkaji pendidikan seks dalam perspektif Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah media massa yaitu jenis penelitian media massa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Pendidikan seksual yang komprehensif diperlukan karena memberikan siswa dengan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai-nilai untuk membuat pilihan yang benar dan sehat dalam kehidupan seksual mereka. Pemahaman ini akan menghindarkan siswa dari penyakit menular seksual, seperti HIV dan HPV. CSE juga dirancang dengan tujuan untuk mengurangi kehamilan yang tidak direncanakan dan tidak diinginkan, dan mengurangi tingkat kekerasan dalam rumah tangga dan seksual, sehingga berkontribusi pada masyarakat yang lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.
References
Hasan, Al-Qadri. (2012). Ketika anak bertanya tentang seks. Tinta Medina
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D. Alfabet.
Suharmi, Arikunto. (1998). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Rineka Cipta
UNESCO. (2018). Guidance document for the implementation of young people’s sexual right. IPPS
WHO. (2018). Standards for sexuality education in Europe.
International HIV/IDS Alliance. (2008). Our future grade 4-7. UNESCO
Abdullah,NU. (2009). Pendidikan anak dalam Islam (Tarbiyah Aulad Fil Islam). Insan Kamil
Yusuf, M. (2003). Pendidikan seks untuk anak dalam Islam. Pustaka Zahra
Alim, A. (2014). Pendidikan seks dalam perpektif tafsir Maudhu’i. Journal At-Tadib Unida Gontor. 9. Retrieved from http://dx.doi.org/10.21111/attadib.v9i2.315
Lottes, I. L. (2013). Sexual rights: Meanings, controversies, and sexual health promotion. Journal of Sex Research .367391. https://doi.org/10.1080/00224499.2013.764380
Rita, HS. (2020). Analisis terhadap teori pembelajaran behaviorisme pada program pendidikan seksualitas komprehensif (CSE) dalam pandangan Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought. 1(1). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/603/523