FILM DRAMA KOMEDI SEBAGAI SARANA PRODUKSI INFORMASI: POTRET PEMIKIRAN POSTMODERNISME DALAM FILM ET MAINTENANT, ON VA OÙ?
Abstract
Dalam era postmodernisme, informasi dapat diperoleh melalu berbagai cara, dan media yang berbeda. Selain itu, di era postmodernisme pengetahuan dan teknologi akan menjadi informasi yang dapat diproduksi dan dijual. Hal ini kemudian memicu maraknya produksi media yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi terkait isu-isu terkini, dan menyalurkannya ke khayalak luas. Salah satu media yang sering digunakan dalam menyebarluaskan informasi adalah film. Film dipilih karena dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat dengan mudah dan cepat. Salah satu film yang digunakan untuk memproduksi dan menyebarkan informasi adalah sebuah film drama komedi yang berjudul “Et maintenant, on va où?†karya Nadine Labaki. Film ini tidak hanya berperan sebagai media penyampaian informasi kepada publik, tetapi juga memuat wacana postmodernisme tentang pemanfaatan media massa sebagai media penyampaian pesan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas film “Et maintenant, on va où?†melalui kajian sinema yang mengungkap aspek naratif dan aspek sinematografisnya, untuk memperlihatkan penggunaan film dalam ranah produksi informasi, dilihat melalui pemikiran dasar postmodernisme. Penelitian dilakukan dengan bentuk analisais deskriptif melalui metode studi kasus.
References
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Centre national du cinéma et de l’image animée (CNC). (2018). La production cinématographique en 2017. Paris: cnc.fr.
Clausewitz, C. v. (1989). On War. New Jersey: Princeton University Press.
Eggert, J. P. (2018). Female fighters and militants during the lebanese civil war: Individual profiles, pathways, and motivations. Studies in Conflict & Terrorism, 1-30.
Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publication Ltd.
Petrie, D., & Boggs, J. (2008). The art of watching films. New York: McGraw-Hill.
Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.