IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS KARAKTER DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 memberi dampak di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Dalam situasi pandemi seperti saat ini, diperlukan strategi pembelajaran yang menunjang keberhasilan proses belajar-pembelajaran. Terutama perkembangan karakter siswa yang harus dibentuk, meskipun harus belajar dari rumah. Salah satu strategi yang tepat untuk memfasilitasi pembelajaran daring adalah strategi pembelajaran edutainment. Melalui strategi tersebut, proses pembelajaran dapat dirasakan seperti kondisi di sekolah dengan tatap muka. Selain itu, strategi tersebut juga dilengkapi dengan pembelajaran berbasis pada karakter yang semakin mendukuing tercapainya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menggambarkan tentang perlunya suatu strategi dalam pembelajaran yang memiliki dampak positif dalam proses pembelajaran maupun karakter peserta didik serta meminimalkan hambatan dalam proses pembelajaran secara daring.
References
Hamruni. (2009). Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N.A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya di Sekolah, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Ar-Ruzz Media.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Hamid, M.S. (2011). Metode Edutainment, Yogyakarta: Diva Press.
Sa’adah, L., dan Arifin, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran PAI di SMPN 35 Surabaya [Versi Elektronik]. Jurnal Pendidikan Islam TADARUS, 9, 8.