PERAN PENTING ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE TALK & LISTEN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH DI MASA PANDEMI

  • Nonny Rulisty Putri Sutikno
  • Aliyya Elrahma Sona
  • Puspita Windusiyam
Keywords: peran, orang tua, pembelajaran, daring, metode, talk and listen, pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran dan keterlibatan orang tua selama proses pembelajaran daring, dan (2) metode talk and listen diadaptasi dari model pembelajaran savi yang dapat digunakan untuk mendekatkan anak dan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang terbuka antara orang tua dan anak, orang tua belajar memahami perkembangan dan emosi anak selama belajar, dan peran orang tua tidak hanya sebagai fasilitator pendidikan, tetapi juga mendampingi anak selama proses pembelajaran, dan  (2) metode talk (berbicara) adalah peran anak dalam menyampaikan ide, pemikiran, dan kebingungan yang dirasakan selama proses pembelajaran daring dan listen (mendengarkan) adalah peran anak dalam mendengarkan orang tua ketika menasihati dan menjawab masalah yang anak rasakan saat belajar di rumah.

References

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). PT. Raja Grafindo Persada:Jakarta.
Shoimin, A., (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Arr-Ruzz Media:Yogyakarta
Suryabrata, Sumadi. (2014). Psikologi pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Dewi, W.A.F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. Retreived From https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89
Purwanto, Agus., Pramono, Rudi., dan Masduki, A.. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns Jurnal, 2(1), 1-12. Retreived From https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Kurniati, E., Alfaeni, K.N. , Dina., dan Andriani,F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 241-256. Retreived From https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/541
Suryana, Y., Sanusi, P.,, Hary., dan Heris Hermawan, A. (2020). Manajemen pembelajaran daring berbasis empati untuk pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah covid-19. In: Penulisan Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Masa Work From Home Tahun 2020.. Retreived From http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30698
Nur, S. (2017). Pendekatan joyful learning sebagai metode pembelajaran pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup (pklh) di madrasah ibtidaiyah.Ekspose; Junrnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. 16(2), 376-388. Retreived From https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/98
Published
2020-12-01