PEMANFAATAN GAME EDUKASI WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING DI PERGURUAN TINGGI

  • Adelia Savitri
  • Kusnarto
Keywords: evaluasi pembelajaran, game edukasi, pembelajaran daring, wordwall

Abstract

Pada era digital, kegiatan pembelajaran harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi. Pengajar terstimulasi untuk mengembangkan media pembelajaran dengan cara kreatif dan inovatif, termasuk dalam memberikan evaluasi dari materi yang telah diajarkan. Pembelajaran daring memungkinkan pengajar menggunakan berbagai media digital yang memacu ketertarikan mahasiswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia dan berinovasi dalam memberikan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemanfaatan game edukasi Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring di perguruan tinggi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini merupakan hasil kuesioner evaluasi melalui game edukasi Wordwall. Sumber data penelitian adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa dengan menggunakan WordWall sebesar 96,8%. Melalui pemanfaatan Wordwall, minat mahasiswa dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia terbukti meningkat. pemanfaatan Wordwall, evaluasi pembelajaran tidak hanya dilakukan monoton melalui latihan soal dan terbukti efektif dalam menekan kejenuhan mahasiswa.

References

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. doi: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Ariyana, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 55-63. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10276/5154.
Azizah, H. N. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 1-16. https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/view/24212/11704.
Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 3(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/5301/3793.
Dewi, R. M., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 59-67. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791.
Khairunisa, Y. (2021). PEMANFAATAN FITUR GAMIFIKASI DARING MAZE CHASE–WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATA KULIAH STATISTIKA DAN PROBABILITAS. MEDIASI, 2(1), 41-47. doi: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. doi: https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39. http://repository.uki.ac.id/2628/
Ratnawulan, E. & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4112.
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima, 10(1), 55—63. doi: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089
Published
2021-11-01