PENERAPAN METODE TADASHI SUZUKI PADA PROSES LATIHAN TEATER: KAJIAN KETUBUHAN AKTOR, LAKON I LA GALIGO
Abstract
Teater adalah salah satu seni pertunjukan yang menggunakan tubuh sebagai sarana komunikasi dan bahasa simbolis di panggung. Untuk mendukung tubuh dan pikiran aktor agar terlihat selalu prima, maka dalam proses latihan teater diperlukan metode yang tepat sebelum memasuki pementasan. Metode Tadashi Suzuki adalah metode yang digunakan dalam proses latihan teater guna mendapatkan keseimbangan energi dan posisi tubuh dalam gerakan berulang. Menurut Tadashi prosesi latihan seharusnya mampu membentuk tubuh layaknya sebuah ‘mobil’ bagus yang mengolah bahan bakar menjadi energi dengan baik dan seimbang. Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode Tadashi Suzuki pada proses garapan teater pada pementasan lakon I La Galigo yang di sutradarai oleh Robert Wilson. Diharapkan dengan diterapkannya metode Tadashi Suzuki dapat menjadikan pengalaman proses belajar ketubuhan aktor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh diinterpretasikan berdasar kerangka teori yang akan dibahas dalam penelitian.
References
Barthes, R. (2004). Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Grauer, R. (2019). I La Galigo. Ciputra, Jakarta.
Koolhof, S. (2011). Sureq Galigo, a Retelling of the Epic in C. P. Purnati, Buku Produksi I La Galigo 2000-2011 directed by Robert Wilson. Jakarta: Kalla Group.
Maryani, D. (2007). Wiraga Wirama Wirasa Dalam Tari Tradisi Gaya Surakarta. GELAR: Jurnal Seni Budaya.
Noviana, D. (2019). FILM MELIHAT INDONESIA: MEMBACA PESAN I LA GALIGO (Motion Picture).
TOGA, S. C. (2007). Suzuki Tadashi/ Suzuki Company of Toga. Diambil dari SCOT: https://www.scot-suzukicompany.com/en/
Yudiaryani. (2002). Panggung Teater Dunia, Perkembangan dan Perubahan Konvensi. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.